ANALISIS JABATAN

Suatu organisasi terdapat posisi yang harus diisi melalui pekerjaan yang ada. Posisi pekerjaan yang ada bisa diketahui lewat lowongan-lowongan perusahaan. Untuk keperluan tersebut perlu ditetapkan kriteria yang obyektif dalam melaksanakan pemilihan dalam hal pendidikan, keahlian, pengalaman dan keadaan fisik orang yang diminta masing-masing jabatan. Menurut Dessler (1997), analisis jabatan merupakan prosedur yang menetapkan tugas dari tuntutan keterampilan dari suatu jabatan dan orang macam apa yang akan dipekerjakan untuk itu.

PT.YHAN GROUP merupakan suatu perusahaan lokal di Indonesia yang memproduksi berbagai model furnitur yang serba minimalis dan tampilan inovasi-inovasi yang menjadi daya tarik konsumen tetapi masih bisa memberikan kesan nyaman bagi penggunanya. PT. YHAN GROUP saat ini membutuhkan orang-orang yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan salah satunya yaitu, menjadi perusahaan furnitur nomor satu di Indonesia dan menjadi perusahaan furnitur yang profesional yaitu sebuah perusahaan yang memiliki manajemen tepat guna dalam mengelola organisasi dan menjalankan usaha. Posisi dan analisis jabatan yang dibutuhkan akan dijelaskan sebagai berikut.

PT. YHAN GROUP

Nama Jabatan : Sekretaris

Kode Jabatan : SEK-DIR

Tanggal           : 9 November 2012

Penyusun         : Nia Oktaviani

Departemen     : Keuangan

Lokasi             : Jl. Raya Pulo Gadung Km 25 No 1 Cakung, Jakarta Timur

 

Fungsi:

Melaksanakan kegiatan kesekretariatan dalam rangka membantu direktur dalam mencapai tujuan dan sasaran perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang dengan mengoptimalkan sumber-sumber daya yang ada secara profesional dan menguntungkan perusahaan.

Tugas-tugas:

  1. Melaksanakan notulensi dalam kegiatan rapat-rapat berkala direktur.
  2. Mengumpulkan dan mengkompilasi atau menyusun rencana kerja dan anggaran dari tiap departemen untuk diperiksa dan disetujui direktur.
  3. Mengumpulkan dan mengkompilasi atau menyusun laporan bulanan tiap departemen untuk diperiksa dan disetujui direktur.
  4. Mengumpulkan dan mengkompilasi atau menyusun laporan tahunan dari tiap departemen.
  5. Melaksanakan notulensi dalam kegiatan rapat-rapat direktur
    1. Melaksanakan tugas lain yang relevan sesuai dengan instruksi atasan.

Wewenang:

  1. Menerima atau menolak tamu direktur.
  2. Meminta laporan bulanan dan tahunan dari tiap departemen.

Tanggung Jawab:

  1. Melaksanakan pengaturan jadwal atau agenda kegiatan direktur.
  2. Melaksanakan penyiapan bahan kegiatan direktur.
  3. Melaksanakan administrasi dan arsip direktur.
  4. Menerima dan membalas telepon untuk direktur.

 

Hubungan Lini:

Atasan Langsung        : President Director

Bawahan Langsung    : –

Kondisi Kerja:

Bekerja di kantor, waktu kerja mulai pukul 08.00 sampai 16.00, kecuali bila melakukan perjalanan.

Persyaratan Pekerjaan:

Pendidikan      : Diploma 3 (D3) – Sekretaris.

Pengalaman     : 2 (dua) tahun sebagai Sekretaris.

Persyaratan      : kesehatan baik, etiket komunikasi, mempunyai stamina dan daya tahan cukup kuat untuk melaksanakan tugas-tugas, integritas, inisiatif, berkeinginan untuk maju, mampu bekerja sama tim, berorientasi.

Supervisi         : akan mengendalikan direktur dalam hal tugas-tugas kesekretariatan, karyawan dalam hal bertemu direktur, tamu-tamu direktur yang datang ke kantor, relasi direktur melalui telepon. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis (bahasa inggris) dalam organisasi perusahaan.

Kondisi kerja : baik, 80% duduk, ruang ber-AC, nyaman dan tenang.

 

PT. YHAN GROUP

Nama Jabatan : Manajer Produksi

Kode Jabatan : MP

Tanggal           : 9 November 2012

Penyusun         : Henry Siahaan

Departemen     : Teknik

Lokasi             : Jl. Raya Pulo Gadung Km 25 No 1 Cakung, Jakarta Timur

 

Fungsi:

Mengelola fungsi produksi untuk memastikan proses produksi dan produk selalu memenuhi persyaratan pembeli atau pelanggan dan sasaran perusahaan.

Tugas-tugas:

  1. Memastikan pencapaian sasaran mutu produksi.
  2. Menetapkan kebijakan produksi.
  3. Memastikan kesiapan semua peralatan produksi tepat waktu.
  4. Menetapkan rencana prosesproduksi sesuai persyaratan produk & memastikan pelaksanaannya.
  5. Membuat dan menetapkan prosedur & instruksi kerja yang terkait dengan produksi.
  6. Memastikan pelaksanaan produksi tepat waktu.
  7. Melakukan review kinerja produksi secara periodik sesuai kebutuhan perusahaan atau permintaan manajemen.

Wewenang:

  1. Kewenangan untuk menentukan strategi dan pelaksanaan produksi.
  2. Mengusulkan promosi dan memberi teguran atau peringatan secara lisan dan tertulis kepada setiap personil di bawahnya.

 

 

Tanggung Jawab:

  1. Memastikan pengendalian dokumen yang terkait dengan produksi.
  2. Menghadiri rapat-rapat manajemen atau rapat lain di perusahaan.
  3. Memberikan pelatihan di bidang produksi atau bidang lain yang dikuasainya.
  4. Menjaga komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak yang terkait dengan produksi.
  5. Memastikan pemeliharaan peralatan produksi sesuai ketentuan.
  6. Melaksanakan tugas yang ditetapkan sendiri dan disetujui atasan atau tugas tambahan yang diberikan oleh atasan.

 

Hubungan Lini:

Atasan Langsung        : President Director

Bawahan Langsung    : Supervisor & Staff Produksi

Kondisi Kerja:

Bekerja di kantor, waktu kerja mulai pukul 08.00 sampai 16.00, kecuali melakukan perjalanan.

Persyaratan Pekerjaan:

Pendidikan      : Sarjana (S1) – Teknik Industri.

Pengalaman     : 2 (dua) dibidang yang sama.

Persyaratan      : kesehatan baik, proaktif dan tanggap terhadap setiap permasalahan, mampu memimpin dan mengelola rapat dan mempunyai kepemimpinan yang kuat.

Supervisi         : akan mengendalikan sarjana teknik industri, proses produksi, masuknya bahan baku serta karakteristiknya, mengendalikan mutu dan biaya proses produksi dan mengendalikan manajemen produksi. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis (bahasa inggris) dalam organisasi perusahaan.

Kondisi kerja : baik, 80% duduk, ruang ber-AC, nyaman dan tenang.

 

 

PT. YHAN GROUP

Nama Jabatan : Senior Production Engineer

Kode Jabatan : SPE

Tanggal           : 9 November 2012

Penyusun         : Henry Siahaan

Departemen     : Teknik

Lokasi             : Jl. Raya Pulo Gadung Km 25 No 1 Cakung, Jakarta Timur

 

Fungsi:

Mengawasi, memproduksi dan mengoperasionalkan perlengkapan mesin dan akuisisi peralatan mesin untuk dokumen proyek perusahaan dan kegiatan atau pelaporan organisasi.

Tugas-tugas:

  1.  Mengoperasikan dan melakukan pemeliharaan mesin.
  2. Melakukan pengambilan data kegiatan untuk proyek perusahaan dan kegiatan  organisasi lainnya.
  3. Mengawasi dan memberikan bimbingan teknis kepada staf atau tim yang mengoperasikan mesin.
  4. Menyiapkan laporan hasil produksi untuk diperiksa oleh atasan dan memproduksi sesuai kebutuhan.

 

Wewenang:

Mengawasi dan memberikan bimbingan teknis kepada staf atau tim yang mengoperasikan mesin.

 

Tanggung Jawab:

  1. Bertanggung jawab atas pengoperasian dan pemeliharaan mesin.
  2. Bertanggung jawab atas laporan hasil produksi untuk diperiksa oleh atasan dan memproduksi sesuai kebutuhan.

Hubungan Lini:

Atasan Langsung        : Manajer Produksi

Bawahan Langsung    : –

Kondisi Kerja:

Bekerja di kantor dan pabrik, waktu kerja mulai pukul 08.00 sampai 16.00.

Persyaratan Pekerjaan:

Pendidikan      : Sarjana (S1) – Teknik Mesin.

Pengalaman     : 2 (dua) tahun dibidang yang sama.

Persyaratan      : kesehatan baik, pengetahuan dan pemahaman tentang mesin dan otomotif, orientasi pelayanan, berpikiran analitis, berkeinginan untuk maju, teliti.

Supervisi         : akan mengendalikan sarjana teknik mesin. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis (bahasa inggris) dalam organisasi perusahaan.

Kondisi kerja : baik, 75% duduk, ruang ber-AC, nyaman dan tenang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PT. YHAN GROUP

Nama Jabatan : Technical Service Manager

Kode Jabatan : TSM

Tanggal           : 9 November 2012

Penyusun         : Henry Siahaan

Departemen     : Teknik

Lokasi             : Jl. Raya Pulo Gadung Km 25 No 1 Cakung, Jakarta Timur

Fungsi:

Mengantisipasi dan mengatasi permasalahan teknis yang timbul pada produk, membantu dalam mempromosikan produk serta memberikan perbaikan yang diperlukan untuk kepuasan pelanggan.

Tugas-tugas:

  1. Mereview dan menganalisa masalah yang timbul untuk dapat menyusun pemecahan masalahnya.
  2. Melakukan kunjungan kepada pelanggan untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap produk.
  3. Menerima keluhan pelanggan atas produk serta membuat analisa pemecahannya.
  4. Mengatasi kendala atau permasalahan yang timbul yang terkait langsung dengan produk.
  5. Menjalankan tugas-tugas terkait lainnya dalam upaya pencapaian target perusahaan.

Wewenang:

  1. Menentukan harga sesuai dengan hasil analisa pasar dan kekuatan proyek.
  2. Menangani masalah strategis dalam permasalahan piutang
  3. Menerapkan analisa dan pengembangan produk

Tanggung Jawab:

Bertanggung jawab atas pengendalian area pemasaran, pengeluaran, biaya operasional, pemasukan, penggunaan aset komputer

 

Hubungan Lini:

Atasan Langsung        : Senior Production Engineer

Bawahan Langsung    : Process & Improvement Engineer

Kondisi Kerja:

Bekerja di kantor, waktu kerja mulai pukul 08.00 sampai 16.00, kecuali bila melakukan kunjungan kepada pelanggan untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap produk.

Persyaratan Pekerjaan:

Pendidikan      : Sarjana (S1) – Teknik Industri

Pengalaman     : 2 (dua) tahun dibidang yang sama.

Persyaratan      : kesehatan baik, pengetahuan tentang mesin dan otomotif, pengetahuan tentang produk secara luas, berpikir analitis, mampu memecahkan masalah, kreatif, berwawasan luas dan inisiatif.

Supervisi         : akan mengendalikan sarjana teknik industri. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis (bahasa inggris) dalam organisasi perusahaan.

Kondisi kerja : baik, 75% duduk, ruang ber-AC, nyaman dan tenang.

PT. YHAN GROUP

Nama Jabatan : Process & Improvement Engineer

Kode Jabatan : PIE

Tanggal           : 9 November 2012

Penyusun         : Henry Siahaan

Departemen     : Teknik

Lokasi             : Jl. Raya Pulo Gadung Km 25 No 1 Cakung, Jakarta Timur

Fungsi:

Melakukan pengadaan-pengadaan atau proyek yang bermanfaat bagi perusahaan. Misalkan pengadaan mesin yang lebih bagus teknologinya sehingga fungsi bagian ini lebih terhadap pengadaan proyek untukmeningkatkan produktifitas produksi.

Tugas-tugas:

  1. Melakukan penelitian proyek-proyek yang akan dikembangkan
  2. Melakukan audit terhadap temuan yang ada dilapangan atau area produksi
  3. Melakukan workshop mengenai proyek-proyek tersebut.

Wewenang:

Berhak melakukan atau menciptakan ide-ide untuk membangun agar lebih baik lagi mengenai proyek yang telah di buat.

Tanggung Jawab:

Bertanggung jawab terhadap apa yang telah dilakukan terhadap proyek-proyek yang telah dibuat. Bertanggung jawab langsung terhadap audit di lapangan.

 

Hubungan Lini:

Atasan Langsung        : Technical Service Manager

Bawahan Langsung    : –

Kondisi Kerja:

Bekerja di kantor, waktu kerja mulai pukul 08.00 sampai 16.00, kecuali bila melakuakan pertemuan atau workshop terhadap atasan dan waktu yang ditentukan melebihi maka dapat ditambahkan waktu lembur.

Persyaratan Pekerjaan:

Pendidikan      : Sarjana (S1) – Teknik Industri

Pengalaman     : 2 (dua) tahun dibidang yang sama.

Persyaratan      : kesehatan baik, pengetahuan tentang mesin dan otomotif, pengetahuan tentang produk secara luas, berpikir analitis, mampu memecahkan masalah, kreatif, berwawasan luas dan inisiatif.

Supervisi         : Akan mengendalikan sarjana teknik industri, berkemampuan komunaki yang baik, bekerja sama secara kelompok yang menjadi kunci kesuksesan jabatan tersebut. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis (bahasa inggris) dalam organisasi perusahaan. Kondisi kerja : baik, 90% duduk, ruang ber-AC, nyaman dan tenang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PT. YHAN GROUP

Nama Jabatan : Logistic and Planning Manager

Kode Jabatan : LPM

Tanggal           : 9 November 2012

Penyusun         : Nia Oktaviani

Departemen     : Keuangan

Lokasi             : Jl. Raya Pulo Gadung Km 25 No 1 Cakung, Jakarta Timur

 

Fungsi:

Mengelola operasi organisasi, memastikan pencapaian rencana program atau proyek dan penyerapan anggaran. Merencanakan dan mengkoordinasikan kegiatan pengadaan barang termasuk persediaan dan pembelian agar proses permintaan dan pengadaan barang dapat terpenuhi sesuai dengan kebutuhan, tepat waktu, efisien dan efektif. Mengelola aset proyek, mengatur pemakaian ruangan, kendaraan operasional dan menyiapkan logistik untuk kegiatan dan rapat.

Tugas-tugas:

  1. Menyusun, bersama-sama dengan penanggung jawab logistik atau finance director, kebijakan dan strategi logistik organisai untuk menjadi acuan dalam pengelolaan logistik dalam menunjang pengadaan kebutuhan barang di setiap divisi.
  2. Menganalisa total kebutuhan barang dan mengatur penyediaan, pengadaan, dan pengiriman barang sedemikian rupa agar alokasi barang dapat memenuhi kebutuhan dengan efisien, efektif dan tepat waktu.
  3. Mengumpulkan informasi tingkat persediaan secara berkala dan menganalisa jumlah dan jenis persediaan barang di gudang untuk mengontrol akurasi data persediaan dan tingkat persediaan yang sehat di organisasi atau divisi.
  4. Menerima dan memproses permintaan barang dari setiap divisi, dan mengontrol pengiriman barang dari pemasok agar barang dapat diterima sesuai dengan waktu, kuantitas, kualitas dan biaya yang telah ditetapkan.
  5. Menyusun anggaran biaya logistik dan menjaga agar kegiatan operasional dapat berjalan dengan efisien dan efektif sesuai anggaran yang telah dialokasikan.
  6. Memantau dan mengelola kegiatan dan pelaksanaan proyek atau program kerja organisasi secara berkala dan memberikan laporan langsung kepada atasan.
  7. Mengatur operasional kendaraan operasional, penggunaan ruangan dan pemakaian aset proyek atau organisasi. Mengawasi dan melaksanakan pemeliharaan terhadap seluruh aset proyek atau organisasi termasuk merencanakan kebutuhan dananya.

Wewenang:

Merencanakan dan mengkoordinasikan pengiriman barang atau dokumen dari pemasok dan atau gudang, termasuk menentukan ekspedisi dan rute, untuk memastikan pengiriman dilakukan dengan tepat waktu dan efisien, serta barang atau dokumen diterima sesuai dengan yang telah ditentukan.

Tanggung Jawab:

Bertanggung jawab untuk merancang sistem peningkatan kinerja yang digunakan untuk mempercepat proses pelaksanaan dan penyerapan anggaran.

 

Hubungan Lini:

Atasan Langsung        : Finance Director

Bawahan Langsung    : –

Kondisi Kerja:

Bekerja di kantor, waktu kerja mulai pukul 08.00 sampai 16.00.

 

 

Persyaratan Pekerjaan:

Pendidikan      : Sarjana (S1) – Teknik Industri.

Pengalaman     : 2 (dua) tahun yang dalam bidang logistik, distribusi dan transportasi.

Persyaratan      : kesehatan baik, kepemimpinan, berpemikiran analitis, berkeinginan untuk maju, integritas dan jujur, ketelitian.

Supervisi         : akan mengendalikan sarjana teknik industri, pengadaan barang dan jasa, distribusi, transportasi dan ekspedisi barang. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis (bahasa inggris) dalam organisasi perusahaan.

Kondisi kerja : baik, 90% duduk, ruang ber-AC, nyaman dan tenang.

PT. YHAN GROUP

Nama Jabatan : Finance & Accounting Manager

Kode Jabatan : FAM

Tanggal           : 9 November 2012

Penyusun         : Nia Oktaviani

Departemen     : Keuangan

Lokasi             : Jl. Raya Pulo Gadung Km 25 No 1 Cakung, Jakarta Timur

 

Fungsi:

Merencanakan, mengembangkan, dan mengontrol fungsi keuangan dan akuntansi di perusahaan dalam memberikan informasi keuangan secara komprehensif dan tepat waktu untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan yang mendukung pencapaian target keuangan perusahaan.

Tugas-tugas:

  1. Mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan secara akurat dan tepat waktu.
  2. Merencanakan, mengkoordinasikan dan mengontrol arus kas perusahaan, terutama pengelolaan piutang dan hutang, sehingga memastikan ketersediaan dana untuk operasional perusahaan dan kesehatan kondisi keuangan.
  3. Merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan sistem dan prosedur keuangan dan akuntansi, serta mengontrol pelaksanaannya untuk memastikan semua proses dan transaksi keuangan berjalan dengan tertib dan teratur, serta mengurangi risiko keuangan.
  4. Mengkoordinasikan dan melakukan perencanaan dan analisa keuangan untuk dapat memberikan masukan dari sisi keuangan bagi pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis, baik untuk kebutuhan investasi, ekspansi, operasional maupun kondisi keuangan lainnya.
  5. Merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan.

Wewenang:

  1. Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan dan pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat waktu, dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.
  2. Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan, dan mengontrol penggunaan anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan.

Tanggung Jawab:

Bertanggung jawab atas kelancaran biaya operasional dan modal perusahaan serta menstabilitaskan jumlah transaksi per tahun dan jumlah bawahan.

 

Hubungan Lini:

Atasan Langsung        : Finance Director

Bawahan Langsung    : Fiannce Supervisor

Kondisi Kerja:

Bekerja di kantor, waktu kerja mulai pukul 08.00 sampai 16.00, kecuali melakukan perjalanan.

Persyaratan Pekerjaan:

Pendidikan      : Sarjana (S1) – Ekonomi Akuntansi.

Pengalaman     : 10 (sepuluh) tahun dalam mengelola keuangan di industri keuangan, atau manufaktur.

Persyaratan      : kesehatan baik, kepemimpinan, berpemikiran analitis, integritas, dapat bekerja sama, peduli terhadap keteraturan dan pemikiran strategis.

Supervisi         : akan mengendalikan sarjana ekonomi akuntansi, sistem keuangan dan akuntansi (komputerisasi) dan perpajakan. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis (bahasa inggris) dalam organisasi perusahaan.

Kondisi kerja : baik, 80% duduk, ruang ber-AC, nyaman dan tenang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PT. YHAN GROUP

Nama Jabatan : Purchasing Manager

Kode Jabatan : PM

Tanggal           : 9 November 2012

Penyusun         : Nia Oktaviani

Departemen     : Keuangan

Lokasi             : Jl. Raya Pulo Gadung Km 25 No 1 Cakung, Jakarta Timur

 

Fungsi:

Melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap pembelian material produksi dan non-produksi berdasarkan jadwal permintaan pembelian sesuai kebutuhan perusahaan yang telah ditetapkan dalam anggaran.

Tugas-tugas:

  1. Menerima dan mereview surat permintaan barang dari seluruh bagian baik yang harian maupun yang bulanan.
  2. Melakukan pemeriksaan terhadap ketepatan pemeriksaan dengan anggaran dan atau kebutuhan.
  3. Melakukan pendataan terhadap supplier dari segi harga, kesiapan dan ketepatan pengiriman serta kualitas barang yang mereka tawarkan sebagai data untuk melakukan seleksi pemasok.
  4. Menyiapkan pembayaran melalui kas kecil lainnya dan pendataan pengeluaran tersebut.
  5. Melakukan review dan rekap pembelian per bulan dan analisa ketepatan berdasarkan anggaran.
  6. Menjalankan tugas-tugas terkait lainnya dalam permasalahan administrasi kasir.

 

 

 

Wewenang:

  1. Melakukan negosiasi harga berdasarkan analisa harga pasar.
  2. Persetujuan pembelian dengan batas harga tertentu dan tidak terkait dengan investasi.
  3. Seleksi pemasok.

Tanggung Jawab:

  1. Bertanggung jawab atas proses pembelian dari mulai permohonan, penawaran harga, penyiapan kelengkapan administrasi sampai kepada pengontrolan ketepatan pembelian.
  2. Bertanggung jawab atas koordinasi dengan bagian lain untuk kesesuaian spesifikasi barang dan waktu pengiriman.

 

Hubungan Lini:

Atasan Langsung        : President Director

Bawahan Langsung    : Staff Purchasing

Kondisi Kerja:

Bekerja di kantor, waktu kerja mulai pukul 08.00 sampai 16.00.

Persyaratan Pekerjaan:

Pendidikan      : Sarjana (S1) – Ekonomi.

Pengalaman     : 3 – 5 tahun di bidang yang sama atau di bagian produksi.

Persyaratan      : kesehatan baik, pengetahuan tentang produk, kepemimpinan, berpemikiran analitis, integritas, dapat memecahkan masalah, kreatif dan inovatif, cekatan dan akurat dan disiplin.

Supervisi         : akan mengendalikan sarjana ekonomi, administrasi, marketing. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis (bahasa inggris) dalam organisasi perusahaan.

Kondisi kerja : baik, 90% duduk, ruang ber-AC, nyaman dan tenang.

 

PT. YHAN GROUP

Nama Jabatan : Area Sales Manager

Kode Jabatan : ASM

Tanggal           : 9 November 2012

Penyusun         : Asep Reza

Departemen     : Pemasaran

Lokasi             : Jl. Raya Pulo Gadung Km 25 No 1 Cakung, Jakarta Timur

 

Fungsi:

Merencanakan, mengontrol dan mengkoordinir proses penjualan dan pemasaran bersama S&M Supervisor(s) untuk mencapai target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien.

Tugas-tugas:

  1. Memonitor perolehan order serta merangkumkan peramalan untuk memastikan kapasitas produksi terisi secara optimal.
  2. Memonitor jumlah stok seluruh Dept. Pemasaran untuk memastikan umur stok perusahaan tidak melebihi target yang telah ditentukan.
  3. Menganalisa dan mengembangkan strategi marketing untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan area sesuai dengan target yang ditentukan.
  4. Menganalisa dan memberikan arah pengembangan desain & warna, untuk memastikan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar.
  5. Melakukan evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil survei seluruh sales team untuk memastikan tercapainya target kepuasan pelanggan yang ditentukan.
  6. Menerapkan budaya, sistem, dan peraturan dalam perusahaan serta menerapkan manajemen biaya, untuk memastikan budaya perusahaan dan sistem serta peraturan dijalankan dengan optimal.

 

 

 

Wewenang:

Menentukan harga jual, produk yang akan dirilis, jadwal kunjungan serta sistem promosi untuk memastikan tercapainya target penjualan.

 

Tanggung Jawab:

  1. Bertanggung jawab atas data dan informasi kondisi program kerja penjualan dan pencapaiannya.
  2. Bertanggung jawab atas keberhasilan program promosi.

Hubungan Lini:

Atasan Langsung        : Commercial Director

Bawahan Langsung    : S & M Supervisor(s)

Kondisi Kerja:

Bekerja di kantor, waktu kerja mulai pukul 08.00 sampai 16.00, kecuali melakukan perjalanan.

Persyaratan Pekerjaan:

Pendidikan      : Sarjana (S1) – Ekonomi Manajemen.

Pengalaman     : 5 – 7 tahun pengalaman yang bervariasi dalam bidang pemasaran dan penjualan.

Persyaratan      : kesehatan baik, kepemimpinan, dapat bekerjasama dan menjalin hubungan yang baik dan integritas.

Supervisi         : akan mengendalikan sarjana ekonomi manajemen, pemasaran dan penjualan. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis (bahasa inggris) dalam organisasi perusahaan.

Kondisi kerja : baik, 75% duduk, ruang ber-AC, nyaman dan tenang.

 

 

 

 

PT. YHAN GROUP

 

Nama Jabatan : Customer Service Manager

Kode Jabatan : CSM

Tanggal           : 9 November 2012

Penyusun         : Asep Reza

Departemen     : Pemasaran

Lokasi             : Jl. Raya Pulo Gadung Km 25 No 1 Cakung, Jakarta Timur

 

Fungsi:

Mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan pelayanan pelanggan dan penjaminan kualitas di areanya, untuk memastikan tercapainya kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan.

Tugas-tugas:

  1. Menyusun program dan kegiatan pelayanan pelanggan dan penjaminan kualitas di areanya sesuai dengan kebijakan dan strategi perusahaan untuk memastikan setiap personil di cabang memiliki kemampuan yang tinggi dalam merespons kebutuhan pelanggan.
  2. Mengimplementasikan standar garansi mutu produk kepada pelanggan di semua cabang di areanya untuk meningkatkan keyakinan dan kepuasan pelanggan terhadap produk perusahaan.
  3. Mengumpulkan dan menyampaikan data dan informasi mengenai permintaan pelanggan dan catatan keluhan pelanggan dari seluruh cabang kepada Commercial Director, sesuai dengan format yang telah ditentukan, untuk menjadi masukan bagi korporat dalam menganalisa kapabilitas semua area dalam pelayanan pelanggan.
  4. Melaksanakan survei kepuasan pelanggan di setiap cabang di areanya untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan di masing-masing cabang dan secara keseluruhan area sebagai landasan untuk meningkatkan pelayanan pelanggan.
  5. Menyusun dan mengusulkan anggaran biaya Customer Service untuk areanya dan menjaga agar kegiatan operasional dapat berjalan dengan efisien dan efektif sesuai anggaran yang telah dialokasikan.

 

Wewenang:

Mengarahkan dan mengkoordinasikan operasional pelayanan pelanggan di seluruh cabang untuk mencapai target standar pelayanan dalam pra penjualan (informasi produk, permintaan pembelian, dll), penjualan (pembayaran, penerimaan produk, dll) dan pasca penjualan (penanganan keluhan, layanan teknis, dll) yang telah ditentukan untuk setiap cabang.

Tanggung Jawab:

  1. Bertanggung jawab atas kelancaran program dan kegiatan pelayanan pelanggan dan penjaminan kualitas informasi di setiap area.
  2. Bertanggung jawab atas anggaran biaya customer service yang dikeluarkan.

Hubungan Lini:

Atasan Langsung        : Area Sales Manager

Bawahan Langsung    : Customer Service Staff

Kondisi Kerja:

Bekerja di kantor, waktu kerja mulai pukul 08.00 sampai 16.00, kecuali melakukan perjalanan.

Persyaratan Pekerjaan:

Pendidikan      : Sarjana (S1) – Ekonomi Manajemen.

Pengalaman     : 3 – 5 tahun dalam bidang pelayanan pelanggan, penjaminan kualitas, dan penjualan.

Persyaratan      : kesehatan baik, berorientasi pada pelayanan pelanggan, berpikiran analitis, dapat bekerjasama dan menjalin hubungan yang baik, integritas dan jujur.

Supervisi         : akan mengendalikan sarjana ekonomi manajemen, proses operasional perusahaan, sistem pelayanan pelanggan dan penjaminan kualitas. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis (bahasa inggris) dalam organisasi perusahaan.

Kondisi kerja : baik, 75% duduk, ruang ber-AC, nyaman dan tenang.

Leave a comment